Selasa, 03 April 2012

Doa bagi penimbah ilmu

Bacaan doa bagi yang sedang menimbah pengetahuan agar diberi kemudahan dan kemanfaatan dalam mempelajari ilmu yang hendak dipelajainya.

Doa Mohon Diberikan Pengetahuan & Hikmah
Bacaannya :

ر َبِّ زِدْنِي عِلْمًا (طه:-١١٤).
Kemudian disambung dengan bacaan berikut ini….
رَبِّ هَبْ لِي حُكْمًا وَأَلْحِقْنِي بِالصَّالِحِينَ . وَاجْعَلْ لِي لِسَانَ صِدْقٍ فِي الآخِرِينَ . وَاجْعَلْنِي مِنْ وَرَثَةِ جَنَّةِ النَّعِيمِ .(الشعراء : ٨۳-٨٥)
Rabbi zidni ‘ilma.
Rabbi habli hukmau wa alhiqni bissholihiin. Waj’alli lisaana shidqi fil aakhiriin. Waj’alni miw waratsati jannatinna’iim.

Tuhan, tambahkanlah saya ilmu pengetahuan. (Q.S. thaha:114)
Ya Tuhan, berikanlah hikmah dan masukkanlah saya ke dalam golongan orang-orang yang saleh. Dan jadikanlah saya buah tutur yang baik bagi orang-orang (yang datang) kemudian. dan jadikanlah saya termasuk orang-orang yang mempusakai surga yang penuh keni'matan. (Q.S. as-syuaraa’:83-85) .

Dibaca pada saat kapan saja, baik setelah shalat wajib, atau di waktu senggang yang lain. Dibaca secara langgeng / istiqomah.

Doa Mohon Pengetahuan Dan Segala Yang Bermanfaat
ر َبِّ زِدْنِي عِلْمًا (طه:-١١٤)
Rabbi zidni ‘ilma
Tuhan, tambahkanlah saya ilmu pengetahuan. (QS. Thaha : 114)

Kemudian disambung dengan bacaan doa dari hadis berikut ini :
اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً
Allahumma inni as aluka ‘ilman nafi’aa, wariz qontoyyibaa, wa’amalammutaqobbalaa

Ya Allah, aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rizki yang halal, dan amal yang diterima”.
اَللَّهُمَّ انْفَعْنِيْ بِمَا عَلَّمْتَنِيْ وَعَلِّمْنِيْ مَا يَنْفَعُنِيْ وَزِدْنِيْ عِلْمًا
Allahumma nfa’ni bima’allamtani, wa ‘allimni maa yanfa’unii, wa zidni ‘ilmaa

Ya Allah, berikanlah manfaat kepadaku dengan apa-apa yang Engkau ajarkan kepadaku, dan ajarkanlah aku apa-apa yang bermanfaat bagiku dan tambahkanlah ilmu kepadaku”.

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عِلْمٍ لاَ يَنْفَعْ وَمِنْ قَلْبٍ لاَ يَخْشَعْ وَمِنْ نَفْسٍ لاَتَشْبَعْ وَمِنْ دَعْوَةٍ لاَ ُيْستَجَابُ لَهُ
Allahumma inni a’udzubika min ‘ilmillayanfa’, wa ming qolbi la yakhsya’, wa minnafsi la tasyba’, wa minda’ wati la yustajaabulah

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak bermanfaat, hati yang tidak khusu’, nafsu yang tidak pernah puas, dan do’a yang tidak dikabulkan”.

Dibaca pada saat kapan saja, baik setelah shalat wajib, atau di waktu senggang yang lain. Dibaca secara langgeng / istiqomah.

Bacaan Doa Bagi Pelajar

Bacaan doa bagi pelajar agar diberikan kemudahan dalam belajar dan menjadi rajin belajar dan sukses dalam sekolah. Bagi pelajar SD, SMP, SMA, maupun Mahasiswa Perguruan Tinggi. Atau bagi para guru dan orang-orang tua yang sudah mapan, yang sekedar ingin menambah wawasan baru dalam kesehariannya.

Membaca surat Al-Fatihah 7x kali (ayat 1-7), surat Al-baqarah ayat 255 (ayat kursi) 7x kali, surat Al-'alaq 7x kali (ayat 1-5), dan surat Asy-syarh 7x kali (ayat 1-8). Dianjurkan dibaca pada saat sesudah shalat wajib, khususnya waktu maghrib dan subuh, dan saat hendak sedang belajar, baik di rumah atau di sekolah, dan pada saat sebelum tidur. Dianjurkan dibaca setiap hari secara langgeng / istiqomah.


Doa Mohon Kebaikan Di Dunia & Akhirat
Bacaannya :
رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
Rabbanaa aatinaa fid dunyaa hasanah wa fil aakhirati hasanah wa qinaa ‘adzaaban naar.

Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari azab neraka. (Q.S. al-Baqarah [2]: 201).

Dibaca pada saat kapan saja, baik setelah shalat wajib, atau di waktu senggang yang lain. Dibaca secara langgeng / istiqomah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar